PROPOSAL TUGAS AKHIR

 

USULAN TUGAS AKHIR

 

 

SISTEM INFORMASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA BERBASIS WEB PADA DINAS PEMBERDAYAAN DAN MASYARAKAT DESA (DPMD) KABUPATEN TANAH LAUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH:

Muhammad Rizky Ansyari         A1317055

 

 

HALAMAN JUDUL

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

PELAIHARI

2020



1.       LATAR BELAKANG

Perkembangan masyarakat merupakan sebuah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Dengan kata lain, pemberdayaan adalah memampukan dan memandirikan masyarakat. Upaya pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari tiga sisi, yaitu: Pertama, menciptakan suasana atau iklam yang memungkinkan potensi masyarakat, Ketiga, memberdayakan mengandung pula arti melindungi (Mardikanto, 2017 : 43).

Komputer merupakan benda multifungsi yang mempengaruhi aktivitas manusia. Dengan perkembangan teknologi saat ini, komputer bisa dijumpai hamper disetiap tempat seperti dirumah, sekolah, kantor dan lain sebagainya. Peningkatan sumber daya manusia dan penggunaan teknologi diera digital, sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah dengan baik dan benar. Pada saat ini, semua pekerjaan manusia dapat dipermudah dengan adanya bantuan dari teknologi informasi dan komunikasi. Cara untuk menghadapi persaingan bisnis yang terjadi sekarang ini adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan internet yang ada. Sehingga dengan kemajuan teknologi infomasi dan komunikasi, dapat membantu dalam kemajuan suatu usaha. Dan dapat mempermudah penyediaan informasi, serta permasalahan yang menyangkut tentang penyediaan informasi dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.     

Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) merupakan program lanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) adalah berupa penyediaan lapangan kerja dan pendapatan bagi kelompok rakyat miskin, pembangunan sarana dan prasarana desa, efisiensi dan efektivitas kegiatan, serta berhasil menumbuhkan kebersamaan dan partisipasi masyarakat. Pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan merupakan program dari Kementerian Dalam Negeri yang berada dibawah binaan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Dengan penggunaan teknologi yang memanfaatkan jaringan internet dan komputerisasi, tentunya dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi.

Pemanfaatan sistem komputerisasi telah banyak dijumpai diberbagai lembaga milik pemerintah maupun milik swasta, untuk memberikan semua informasi yang diperlukan oleh Dinas Pemberdayaan Dan Masyarakat Desa (DPMD) di Kabupaten Tanah Laut tersebut. Sistem komputerisasi dibutuhkan dalam berbagai kegiatan yang ada untuk menunjang berbagai kebutuhan lembaga tersebut seperti proses pengajuan proposal, proses data para anggota dan data peminjaman yang ada di Lembaga tersebut. Agar informasi yang dibutuhkan oleh para karyawan dan anggota dapat berjalan dengan baik dan benar, serta bisa mengurangi kesalahan penyajian informasi.

Untuk memudahkan pihak lembaga, karyawan, dan masyarakat dalam mendapatkan atau mencari informasi mengenai program kerja yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Dan Masyarakat Desa. Penulis mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun suatu Sistem Informasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD). Diharapkan sistem ini dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi dan mengatasi permasalahan penjian informasi, serta pelayanan yang lambat dalam memperoleh informasi.

2.      RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka dapat dirumusankan masalah yaitu. Bagaimana merancang dan membangun Sistem Informasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD).

3.       BATASAN MASALAH

Penulis membuat pembatasan masalah untuk membangun Sistem Informasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD).

, antara lain:

1.      Sistem yang dibangun berbasis web, menggunakan database MySQL, bahasa pemrograman PHP dan fraemework Boostrap.

 

4.      TUJUAN PENELITIAN

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan Sistem Informasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD):

1.      Menganalisis Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa?

2.      Merancang dan membangun database pada Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa?

3.      Merancang DFD (Data Flow Diagram) pada Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa?

4.      Merancang user interface Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa?

5.      Melakukan pengujian dengan blackbox Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa?

 

5.      MANFAAT PENELITIAN

Manfaat dibangunnya Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, antara lain:

1.        Membantu Admin dalam pengelolaan data agar mudah ditemukan.

2.        Diharapkan dengan adanya Aplikasi Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa agar mempermudah masyarakat untuk mencari informasi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penyajian informasi

 

6.      TINJAUAN PUSTAKA

Tabel 1 Penelitian Terdahulu

No

Tahun

Penulis

Judul

1.

2017

Riswanto

Rancang Bangun Informasi Pengelolaan Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Pada Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kecamatan Tomia Berbasis Web

2.

2017

Resi Fatmawati

Sistem Informasi Pengarsipan Perjalanan Dinas Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Kalimantan Barat.

3.

2018

Budi Usmanto Riswandha Immawan Fauzi, Keni Puspita Sari, M.Isam Mahdi

Implementasi Web Mobile Sebagai Media Informasi Pemberdayaan masyarakat di desa pirngadi.

4.

2018

Imran Djafar

Perancangan Sistem Informasi Desa Pada kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalebenteng Kampung Nelayan Galesong Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi -Selatan.

5.

2014

Dian Anggraini Saputri

Pengembangan Sistem Informasi Pemanfaatan Dana BLM (Bantuan Langsung Tunai) Berbasis Web Dengan Sms Gateway Untuk Kantor PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perkotaan Kabupaten Bantul.

 

7.      METODE PENELITIAN

a.      PENGUMPULAN DATA

1.      Observasi adalah suatu aktivitas pengamatan terhadap suatu objek. penulis melakukan observasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) untuk mengamati secara langsung bagaimana proses sistem manual yang selama ini dijalankan tersebut dan mencari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk membangun Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ini.

2.      Wawancara adalah suatu kegiatan yang tepat antara seorang sistem analisis atau pembuat Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) dengan pegawai  untuk mencari informasi. Penulis melakukan wawancara kepada pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) mengenai informasi apa saja yang diperlukan dalam membuat Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa.

3.      Studi pustaka atau library research yang dilakukan oleh penulis dengan cara membaca buku, jurnal, artikel, maupun situs-situs yang ada diinternet yang berkaitan dengan Sistem Informasi Pemeberdayaan Masyarakat Dan Desa Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, yang mendukung dalam pembuatan aplikasi maupun penulisan laporan.

 

b.      DESAIN PENELITIAN

1.      Metode Pengembangan

          Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Metode waterfall dimulai dari analisis dari sistem yang akan dibuat. Tahapan – tahapan dari metode waterfall dapat dilihat pada gambar 1.

Gambar  1 Metode Pengembangan Sistem Waterfall

Penjelasan dari gambar 1 adalah sebagai berikut :

a.         Analisis, merupakan tahap proses pengumpulan data dan analisis kebutuhan sistem untuk menspesifikasikan kebutuhan perangkat lunak yang akan dibuat. Penulis menggali informasi sebanyak – banyaknya agar mendapatkan gambaran dan dengan mudah merandang sistem yang akan dibuat.

b.         Desain, merupakan tahapan pembuatan struktur data, arsitektur, representasi antar muka dan prosedur pengkodean. Pada tahap ini penulis menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), Flowchart dan Perancangan Data Flow Diagram (DFD)

c.         Kode, merupakan tahap mentranlasi desain kedalam program perangkat lunak. Penulis menggunakan bahasan pemprograman Hypertext Markup Language (HTML) dan Hypertext Preprocessor (PHP) untuk pengkodean program.

d.         Tes, atau pegujian berfokus pada perangkat lunak pada segi logika dan fungsional serta memastikan bahwa semua bagian sudah diuji. Penulis melakukan pengujian dengan metode Black-box. Pengujian dilakukan dengan membuat kasus uji yang bersifat mencoba semua fungsi dengan memakai perangkat lunak apakah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

e.         Pendukung dan Pemeliharaan, tahap ini dapat mengulangi tahap pengembangan mulai dari tahap analisis apabila sistem yang sudah dikirimkan ke user mengalami perubahan.

1.      Sistem yang Sedang Berjalan

Berikut ini merupakan sistem yang sedang berjalan, antara lain:

 

 

Gambar  2 Sistem yang Sedang Berjalan

2.      Sistem yang di Usulkan

Berikut ini merupakan sistem yang diusulkan, anatara lain:

 

 

Gambar  3 Sistem yang di Usulkan

c.       DESAIN PENGUJIAN

Tabel 2 Desain Pengujian

 

 


 

8.      JADWAL PENELITIAN

Tabel 3 Jadwal Penelitian

NO

Kegiatan

Target Pencapain

Bulan

 

FEB

MAR

APR

MEI

JUN

 

 

 

1-2

3-4

1-2

3- 4

1-2

3-4

1-2

3-4

1-2

3-4

1

Penyusunan Proposal dan Sidang Proposal

Proposal berhasil disusun dan siap disidangkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pengumpulan data dan informasi

Pengumplan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

Analisis dan perancangan

Terancangan diagram-diagram basis data dan GUI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Pembuatan Aplikasi

Terbuatnya program- program basis data dan GUI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Pengujian Aplikasi

Pengujian aplikasi dengan Black Box

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Implementasi Aplikasi

Aplikasi berhasil diterapkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Penyusunan Laporan

Laporan berhasil disusun dan siap disidangkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 















 

 

9.      DAFTAR PUSTAKA

 

Budi Usmanto Riswandha Immawan Fauzi, K. P. (2018). Implementasi Web Mobile Sebagai Media Informasi Pemberdayaan Masyarakatn di desa pringadi. Lampung: Jurnal Keteknikan dan Sains .

Djafar, I. (2018). Perancangan Sistem Informasi Desa Pada kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalebenteng Kampung Nelayan Galesong Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi -Selatan. Takalar: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

Fatmawati, R. (2017). Sistem Informasi Pengarsipan Perjalanan Dinas Berbasis Web Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Kalimantan Barat. Pontianak: Amik Bsi Pontianak.

Mardikanto. (2017 : 43). Pemberdayaan Masyarakat.

Riswanto. (2017). Rancang Bangun Informasi Pengelolaan Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Pada Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kecamatan Tomia Berbasis Web . Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Saputri, D. A. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Pemanfaatan Dana BLM (Bantuan Langsung Tunai) Berbasis Web Dengan Sms Gateway Untuk Kantor PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perkotaan Kabupaten Bantul. Bantul: Jurnal Teknologi Informasi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Modul Php Myadmin

Modul CDM dan PDM

mengenali kepribadian luwes dan supel