Modul Php Myadmin


SISTEM INFORMASI DATABASE KEPEGAWAIAN DI PT CANDI ARTHA




Disusun Oleh
M. RIZKY ANSYARI           
A1317055



PROGRAM STUDI INFORMATIKA
POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
PELAIHARI
2018



KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Tuhan yang Maha Pengasih penyusun panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia-Nya kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan modul tentang Php MyAdminKasus Pelayanan dalam waktu yang telah ditentukan.
Modul ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi guna menyelesaikan tugas besar mata kuliah Basis Data 1 pada Politeknik Negeri Tanah Laut. Terima kasih banyak penyusun ucapkan kepada semua pihak yang telah membatu untuk menyelesaikan modul ini.
          Terlepas dari semua itu, penyusun menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari penyusunan format modul, susunan kalimat maupun isi yang terdapat pada dalam modul ini. Oleh karena itu dengan tangan terbuka penyusun menerima segala kritik dan saran dari pembaca agar penyusun dapat memperbaharui modul tentang

                                                                                                              Pelaihari,7 Mei 2018

                                                                                                                                         Penyusun


                                                                                                                       Muhammad Rizky Ansyari




DAFTAR ISI






BAB 1 LANDASAN TEORI

1.1 Pengertian Basis Data

Sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan. Pada intinya basis data adalah media untuk menyimpan data agar dapat diakses dengan mudah dan cepat. Kasus ini menggunakan basis data relasional yang diimplementasikan dengan tabel-tabel yang saling memiliki relasi.
Sistem informasi tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan akan basis data apapun bentuknya, entah berupa file teks ataupun Database Management System (DBMS).
Kebutuhan basis data dalam sistem informasi meliputi memasukkan, menyimpan, dan mengambil data, serta membuat laporan berdasarkan data yang telah disimpan
Tujuan dari dibuatnya tabel-tabel dikasus ini adalah untuk menyimpan data ke dalam tabel-tabel agar mudah diakses. Oleh karena itu, untuk merancang tabel-tabel yang akan dibuat maka dibutuhkan pola pikir penyimpanan data nantinya jika dalam bentuk baris-baris data (record) dimana setiap baris terdiri dari beberapa kolom.

1.2 DBMS

DBMS (Database Management System) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai Sistem Manajemen Basis Data adalah suatu sistem aplikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data. Suatu sistem aplikasi disebut DBMS jika memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut.
a.    Menyediakan fasilitas untuk mengelola akses data
b.    Mampu menangani integritas data
c.    Mampu menangani akses data
d.   Mampu menangani backup data
Karena pentingnya data bagi suatu organisasi/perusahaan, maka hampir sebagian besar perusahaan memanfaatkan DBMS dalam mengelola data yang mereka miliki. Pengelolaan DBMS sendiri biasanya ditangani oleh tenaga ahli yang spesialis mengenai DBMS yang disebut sebagai DBA (Database Administrator).
DBMS sudah mulai berkembang sejak tahun 1960an. Kemudian sekitar tahun 1970an mulai berkembang teknologi Relational DBMS yaitu DBMS berbasis relasional model. Relasional model pertama kali dikembangkan oleh Edgar J. Codd pada tahun 1970. Secara sederhana relasional model dapat dipahami sebagai suatu model yang memandang data sebagai sekumpulan tabel yang saling terkait. Hampir semua DBMS komersial dan open source saat ini berbasis Relational DBMS atau RDBMS.
Pada tahun 1980an mulai berkembang Object Oriented DBMS (OODBMS). OODBMS berkembang seiring dengan perkembangan teknologi pemrograman berorientasi objek. Saat ini OODBMS juga cukup berkembang namun belum dapat menggeser kepopuleran RDBMS

Berikut ini adalah 4 (empat) macam DBMS versi komersial yang paling banyak digunakan didunia saat ini, yaitu.


a.                   Oracle
b.                  Microsoft SQL Server
c.                   IBM DB2
d.                  Microsoft Access
Sedangkan DBMS versi open source yang cukup berkembang dan paling banyak digunakan saat ini adalah sebagai berikut.
a.       MySQL
b.      PostgreSQL
c.       Firebird
d.      SQLite
Hampir semua DBMS mengadopsi SQL sebagai bahasa untuk mengelola data pada DBMS.

1.3 SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola data pada RDBMS. SQL awalnya dikembangkan berdasarkan teori aljabar relasional dan kalkulus.
SQL mulai berkembang pada tahun 1970an. SQL mulai digunakan sebagai standar yang resmi pada tahun 1986 oleh ANSI (American National Standards Institute) dan pada tahun 1987 oleh ISO (International Organization for Standarization) dan disebut sebagai SQL-86. Pada perkembangannya, SQL beberapa kali dilakukan revisi. Berikut ini sejarah perkembangan SQL sampai saat ini.
1)        Tahun 1986, SQL-86
2)        Tahun 1989, SQL-89
3)        Tahun 1992, SQL-92
4)        Tahun 1999, SQL:1999
5)        Tahun 2003, SQL:2003
6)        Tahun 2006, SQL:2006
7)        Tahun 2008, SQL:2008

8)        Tahun 2011, SQL:2011



Meskipun SQL diadopsi dan diacu sebagai bahasa standar oleh hampir sebagai besar RDBMS yang beredar saat ini, tetapi tidak semua standar yang tercantum SQL diimplementasikan oleh seluruh DBMS tersebut. Sehingga kadang-kadang ada perbedaan perilaku (hasil yang ditampilkan) oleh DBMS yang berbeda padahal query yang dimasukkan sama. 

1.4 MYSQL

MySQL adalah Sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya sangat cepat, multi user serta menggunakan peintah dasar SQL ( Structured Query Language ).
MySQL merupakan dua bentuk lisensi, yaitu FreeSoftware dan Shareware. MySQL yang biasa kita gunakan adalah MySQL FreeSoftware yang berada dibawah Lisensi GNU/GPL ( General Public License ).
MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya. MySQL pertama kali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius . Selain database server, MySQl juga merupakan program yang dapat mengakses suatu database MySQL yang berposisi sebagai Server, yang berarti program kita berposisi sebagai Client. Jadi MySQL adalah sebuah database yang dapat digunakan sebagai Client mupun server.
Database MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut Relational Database Management System ( RDBMS ) yang menggunakan suatu bahasa permintaan yang bernama SQL (Structured Query Language ).
Database MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut Relational Database Management System ( RDBMS ) yang menggunakan suatu bahasa permintaan yang bernama SQL (Structured Query Language ).



A.    Kelebihan MySQL
Database MySQL memiliki beberapa kelebihan dibanding database lain, diantaranya :
MySQL merupakan Database Management System ( DBMS )
• MySQL sebagai Relation Database Management System ( RDBMS ) atau disebut dengan database Relational
• MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya
MySQL merupakan sebuah database client
• MySQL mampu menerima query yang bertupuk dalam satu permintaan atau MultiThreading.
• MySQL merupakan Database yang mampu menyimpan data berkapasitas sangat besar hingga berukuran GigaByte sekalipun.
MySQL diidukung oleh driver ODBC, artinya database MySQL dapat diakses menggunakan aplikasi apa saja termasuk berupa visual seperti visual Basic dan Delphi.
• MySQL adalah database menggunakan enkripsi password, jadi database ini cukup aman karena memiliki password untuk mengakses nya.
• MySQL merupakan Database Server yang multi user, artinya database ini tidak hanya digunakan oleh satu pihak orang akan tetapi dapat digunakan oleh banyak pengguna.
• MySQL mendukung field yang dijadikan sebagai kunci primer dan kunci uniq ( Unique ).

• MySQL memliki kecepatan dalam pembuatan table maupun peng-update an table.



1.5  PhpMyadmin


Phpmyadmin adalah sebuah aplikasi open source yang berfungsi untuk memudahkan manajemen MySQL. Dengan menggunakan phpmyadmin, anda dapat membuat database, membuat tabel, menginsert, menghapus dan mengupdate data dengan GUI dan terasa lebih mudah, tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secara manual.PhpMyadmin dapat di download secaara free di http://www.phpmyadmin.net. Saat tulisan ini di buat, versi phpmyadmin terbaru adalah phpmyadmin 3.3.10. Karena berbasis web, maka phpmyadmin dapat di jalankan di banyak OS, selama dapat menjalankan webserver dan Mysql.

Xampp

Xampp adalah sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari apache, mysql, phpmyadmin, php, Perl, Freetype2,dll. Xampp berfungsi untuk memudahkan instalasi lingkungan php, di mana biasa nya lingkungan pengembangan web memerlukan php,apache,mysql dan phpmyadmin serta software-software yang terkait dengan pengembangan web. Dengan menggunakan xampp, kita tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tsb satu persatu
Paket aplikasi perlu di extract dan di install terlebih dahulu, dengan memilih jenis xampp sesuai dengan jenis OS nya.
Setelah sukses menginstall xampp, kita dapat langsung mengaktifkan Mysql dengan cara mengaktifikan xampp. Pada Linux, cara mengaktifkan Mysql dan phpMyadmin sbb :
1.      Login ke user root 2. Masuk ke direktory /opt/lamp
2.      Masuk ke direktory /opt/lamp
3.      Ketik : #./lampp start
4.      Maka akan memulai xampp , termasuk mengaktifkan phpmyadmin.
5.      Selanjutnya, anda bisa masuk ke phpmyadmin, dengan cara :http://localhost/phpmyadmin
Pada Windows, untuk mengaktifkan phpmyadmin dengan cara sbb :
1. Aktifkan phpmyadmin pada Panel






BAB II DataBase PHPMyadmin

2.1 Mengakses PHPMyadmin

1. Membuat Database Baru


Dalam membuat database baru dalam PHPMyAdmin pada dasarnya sama halnya dengan membuat database melalui commant prompt,malah membuat database melalui PHPMyAdmin jauh lebih mudah dibandingkan melalui commant prompt, hal ini dikarenakan dalam membuat database melalui PHPMydmin meminimalisir kesalahan penulisan sintkas. Berikut cara membuat database baru melalui PHPMyAdmin.



1.      Mengaktifkan Apache dan SQL pada Aplikasi Xammpp
2. Mengetikan Source Kode untuk masuk ke PHPMyAdmin melalui penjelajah Browser. Dengan Source Kodehttp://localhost/phpmyadmin

                                                                                                                               



3.Setelah masuk ke PHPMyAdmin, baru lah memulai untuk membuat database baru dengan memilih pilihan new
4. Setelah mengklik pilihan new di sebelah kiri, maka akan muncul tulisan create database, disitu kita isi nama database baru yang akan kita buat seperti ini.
5. Setelah itu klik pilihan create dan database baru denga nama yang sudah di buat siap di isi tabel


Setelah berhasil membuat database baru,yang harus dilakukan adalah membuat tabel-tabel yang dimana tabel tersebut ditentukan dari rancangan Entity Relationship Diagram yang sudah kita buat. Dimana jumlah tabel dari kasus sitem informasi DataBase Kepegawaian PT Candi Artha sebanyak 10 tabel.
1.  Mengetikan nama tabel di teks yang sudah tersedia dan Menetukan jumlah field yang akan dibuat,yaitu tentang informasi kepegawian yang ada di PT Candi Artha Klik tombol 
Go:



1                2. Setelah kita memilih tombol Go, maka akan tampil seperti ini


          3. Jika ada tampilan seperti gambar diatas kita tinggal mengisiskan field yang sudah dirancang  pada Entity Relationship Diagaram.


 4.Setelah berhasil membuat table dan mengisi tabel nya untuk menyimpan nya kita pilih tombol save, dan akan tampil seperti dibawah ini.




3 3.       Melihat Struktur Tabel
Untuk melihat struktur pada suatu tabel langkah-langkah nya antara lain adalah:
11.      Klik menu structure yang terdapat pada menu Navigasi sebelah atas
12.      Akan ditampilkan struktur tabel yang dipilih
33.     Informasi lain sehubungan dengan tabel juga ditampilkan





1.      Menambah Record Ke dalam Tabel

Cara menambah record  ke dalam tabel dengan PhpMy Admin yaitu:
1.    Klik menu insert pada navigasi sebelah atas

2.    Akan ditampilkan form baru isian data baru sesuai dengan struktur tabelnya.

3.    Klik tombol Go untuk menyimpan data



4.  Konfirmasi jumlah record yang ditambahkan ditampilkan layar.

5.  Perintah SQL dari proses menambah data akan ditampilkan

1.      Menampilkan Data

Cara menampilkan data melalui PhpMyadmin antara lain:
1.    Klik tombol browse pada navigasi bagian atas  

2.    Akan ditampilkan jumlah record dan waktu eksekusi query, dan ditampilkan pula SQL nya
3.    Record ditampilkan dalam bentuk tabel.


   6.       Mengubah Data

Dalam mengubah data melalui PhpMyadmin ada beberapa langkah antara lain:
1.      Klik tombol pada table edit   data (record), akan ditampilkan form ubah record dimana data yang lama sudah ditampilkan. Dimana pada contoh ini kita akan mengubah tempat lahir Ansyari dari Barabai menjadi Pelaihari.
2.      Ubah data yang akan diubah.
3.      Klik tombol Go untuk menyimpan perubahan
4.      Setelah perubahan disimpan akan ditampilakn informasi jumlah record yang berubah
Perintah SQ untuk mengubah data ditampilkan

7. Mengahapus Data
Langkah-Langkah menghapus Data antara lain:
Pada Tampilan record, klik tombol X untuk record yang akan dihapus atau klik


2. Akan ditampilkan konfirmasi penghapusan. Klik OK jika benar-benar ingin menghapus data dan klik Cancel jika ingin membatalakannya.

1              1. Klik menu SQL pada navigasi bagian atas
2. Tuliskan perintah SQL pada arena teks yang sudah disediakan
               3. Klik tombol Go.
1           4.Ditampilkan Informasi eksekusi perintah SQL
5           5.Perintah SQL akan ditampilkan kembali
            6. Akan ditampilkan hasil perintah SQL

1 9. Untuk Membuat tabel-tabel selanjutnya baik dari insert, delete, maupun update termasuk mengisi field-field setiap tabel caranya sama dengan yang diatas. Ini merupakan gambar-gambar data Sistem Informasi Database Kepegawaian di PT CANDI ARTHA.
1.      Struktur Tabel User




2. Struktur  tabel Karyawan











Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Modul CDM dan PDM

mengenali kepribadian luwes dan supel