mengenali kepribadian luwes dan supel

   Mengenali kepribadian yang luwes dan supel
          kepribadian yang luwes dan supel adalah kepribadian yang mudah beradaptasi, mudah   menyesuaikan diri dalam pergaulan, memandang hidup ini sebagai perayaan, dan setiap hari sebagai pesta yang berpindah-pindah. dia sadar tentang penyesuaiana diri dengan orang lain, komunikatif, dan tanggung jawab, ramah tamah, memperhatikkan perasaan orang lain, jarang bersikap agresif, dan jarang berkompetisi secara destruktif. kepribadian ini suka hal modern,peka terhadap hal yang terjadi hari ini,dan menaruh perhatian pada banyak hal. dia sangat simpatik dan mempunyai rasa empati terhadap kesusahan orang lain. dia mudah, bisa menyesuaikan diri hampir dalam setiap lingkungan, mempunyai ketajaman pandangan untuk yang bersifat dramatis dan luar biasa. dia dapat tertawa apabila anda tertawa dan menangis manakala anda menangis. dia bisa menemani dalam suasana diam dan tenang, menyenangkan, mengagumi kesuksesan, dan menghibur jika anda mengalami kekecewaan. dalam keseluruhannya, kepribadian ini merupakan kawan dalam segala keadaan (duka dan senang)
           apabila kepribadian yang luwes dan supel ini harus memutuskan sesuatu, maka dia akan  berada dipersimpangan jalan. dia akan menengok ke kiri dan ke kanan terlebih dahulu, tetapi akhirnya tetap tidak dapat memutuskan sendiri. boleh jadi, dia harus mendengarkan pendapat dari kepribadian yang dominan, berargumen dengan kepribadian yang ambisius, atau menyaksikan kegiatan kepribadian yang berprestasi. dia sering merasa bimbang. keputusan-keputusan adalah penderitaan baginya. "keputusannya adalah tidak ada keputusan! merupakan ungkapan yang tepat bagi kepribadian yang mudah beradaptasi dalam menghadapi pilihan


     A. Pendengar yang baik
      pada dasarnya, orang yang memiliki kepribadian mudah beradaptasi penuh rasa ingin tahu.   Dalam pergaulan sosial atau pekerjaan, dia merupakan pendengar yang baik yang memberikan perhatian serius dan tajam kepada keseluruhan pembicaraan, merekam pendapat yang berbeda-beda dan sikap yang berlainan. dia tidak suka menginterupsi atau menyela dengan pandangan yang menentang. dia tidak mengajukan penolakan, kecuali bila diminta mengeluarkan pendapat. pada situasi seperti itu, biasanya dia mencari posisi tengah-tengah atau mengusahakan suatu kompromi. dia mempunyai kepandaian khusus yang mengagumkan untuk menyerasikan hal-hal yang tampaknya tidak bisa di damaikan,menyelesaikan perbedaan pendapat yang bertentangan, serta menengahi perbedaan-perbedaaan.
      orang yang memiliki kperibadian ini mempunyai pola khusus jika dihadapkan pada persoalan menagambil keputusan. pertama, dia memberikan reaksi dengan terkejut, kemudian apabila situasi itu mengandung sedikit tekanan atau ketegangan, bisa jadi iya menjadi agak panik. dia akan berusaha mencari solusi dan mendapatkan pandangan-pandangan atau prespektif-prespektif lain. Namun, pendapa-pendapat yang berlainan atau bertentangan bisa mengakibatkan keyakinan nya merosot lebih rendah lagi. pada akhirnya, dia akan menyaring dan memilih nasihat-nasihat yang diterimanya menjadi suatu konsensus yang saling mendekati.
        apabila tekanan terhadap dirinya terlalu keras,orang yang memiliki kepribadian mudah beradaptasi ini malahan menjadi bimbang dan sangat ragu-ragu, uring-uringan, bahkan emosinya meldak-ledak.
        orang yang memiliki kepribadian ini benar-benar yang tampaknya saling bertentangan. Jadi, dia kan coba damaikan hal yang tidak dapat didamaikan.

    B. Kelemahan dan Krisis
       Selama segala sesuatunya berjalan baik, semua saluran hidup dan perhatian bergerak sepanjang garis-garis yang kurang lebih sejalan,kepribadian ini menganggap hidup ini menyenangkan dan bermanfaat. Namun,dia selalu berusaha menanggapi pengaruh-pengaruh yang datang, bahkan yang saling bertentangan. Dia bisa menjadi terlalu tanggap terhadap pendapat dan posisi orang-orang lain, menghindari menentukan sikap atau memilih-milih bagi dirinya sendiri.
       Sikap luwes bisa jadi berbahaya bila sudah dalam taraf ketidaktentuan. Memburu demikian banyak perhatian dan demikian banyak hal yang menggairahkan dapat membawa kebimbingan. Dia dapat menunggu-nunggu kesempatan yang baik,sampai akhirnya kesempatan yang ada itu lenyap sama sekali.
       Dia peka dan dapat mengambil warna-warna dari bermacam lingkungan yang berbeda-beda. Dengan berbuat demikian, dia mengambil resiko menumbangkan identitas,kepribadian,serta perasaan percaya diri.

    C. Tumbuh dengan mudah beradaptasi
         Biasanya,anak yang tumbuh dengan kepribadian mudah beradaptasi dilukiskan oleh para orang tua dan guru sebagai anak yang pendiam dan menyenangkan, yang bersedia menerima bimbingan dan koreksi. Sejak kecil,anak itu sudah menyadari keadaan lingkungannya. Anak itu juga lekas bisa bicara.
         Anak dengan kepribadian yang mudah beradaptasi menunjukkan perhatian penuh dan bersemangat apabila gurunya bercerita tentang negara-negara asing, kebiasaan-kebiasaan asing,atau mengenai pengalaman-pengalaman pribadi yang ada hubungannya dengan kehidupan. pelajaran-pelajaran yang sukar, pekerjaan rumah, dan membaca begitu menggairahkannya

     D. kerja dan Karier
         kepribadian yang mudah beradaptasi ini bisa membuat permulaan yang lambat dalam mencari dan menemukkan situasi kerja yang paling cocok dengan perhatian dan bakatnya.kadang, suatu situasi dipaksakan kepadanya. Dia cenderung memburu pekerjaan atau karier karena desakan orang tua atau orang yang mempunyai arti baginya sekalipun demikian,dia akan tekun,bertanggung jawab,efisien dengan apapun yang di kerjkannya, menyesuaikan diri pada nada dan suasana lingkungan kerjanya.
        Kepribadian yang mudah beradaptasi akan menjadi salesman yang cakap,negosiator kontrak yang pintar, aktor,komentator berita, moderator, guru, politikus, atau pekerja sosial yang andal. Posisi yang melibatkan banyak perjalanan membuatnya tertarik, begitu juga dengan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan keterampilan berbicara.

   E. Alternatif Pilihan
       Keperibadian yang mudah beradaptasi adalah orang yang mudah sekali bergaul,yang juga terbuka. Luwes, lemah lembut,optimis, dan merasa tertarik kepada banyak macam gagasan dan kegiatan. Namun, dia juga cenderung menjadi bimbang,berdiam diri, dan susah mengambil keputusan. kerendahan hatinya menyenangkan, tetapi dapat meorosot menjadi merendahkan diri. Ini membuatnya menarik, tetapi juga mengurangi kepemimpinannya kepada diri sendiri. Dia suka menyelidiki dan mudah dipengaruhi,bahkan kadang-kadang mudah dikelabui. Sikap penolakannya dikagumi teman-temannya, tetapi menjengkelkan bagi orang lain, Hidupnya merupakan perburuan untuk mendapatkan standar-standar tinggi dan mencapai tujuan-tujuan besar. Namun, dia berpeluang kehilangan kesempatan. Dia mencari pimpinan, tetapi condong salah paham menganggap masukkan sebagai kritik. Nasihat dan pendapat yang dimintanya akan dapat membangkitkan kepercayaan diri, tetapi hal ini pun bisa merosot menjadi ketergantungan.
      Untuk memperbesar kekuatannya hingga tidak menjadi kelemahan, kepribadian yang mudah beradaptasi ini perlu menyadari pola perilakunya dan sikap-sikap yang ditunjukkannya . Dia harus lebih menyandarkan diri kepada sumber-sumber dayanya sendiri dan mengurangi ketergantungannya kepada nasihat dan persetujuan orang lain. Pada dasarnya, dia perlu "menguatkan diri", mengurangi penyesuaian diri, dan lebih banyak mengambil keputusan sendiri.
      Bila tergolong dalam kepribadian ini, berikut cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mencapai maksud tersebut.

1. Lebih baik bertindak daripada sekedar memberikan reaksi
2. Sekali anda mengambil keputusan,laksanakan.
3. Dengarkan pujian dan sanjungan. Jangan mengecilkan artinya dengan menganggapnya sebagai lelucon saja.
4. Hentikkan memandang diri sendiri sebagai orang yang diabaikan dan mementingkan diri. Mulailah menjadikan diri anda lebih bisa memutuskan dan tegas.
5. Ketahuilah bahwa ketakutan anda akan kesendirian hanyalah merupakan kata lain dari kurangnya kepercayaan diri anda.
6. Berdirilah diatas pendirian anda sendiri, sadarilah apa yang anda kehendaki.
7. Orang-orang tidak akan melarikan diri dari anda hanya karena anda mengemukkan pendapat sendiri dan standar-standar anda sendiri.
8. Bergabunglah dengan yang lain, tetapi dengan tetap mempertahankan kesadaran kepribadian dan kebebasan anda sendiri.
9. Lakukan segala sesuatunya tanpa orang yang lain memegang tangan anda
10. Lebih baik bertitik-tolak dari orang yang tepat, daripada mencari lingkungan,pekerjaan, atau kelompok yang tepat.
11. Memutuskan tidak mengambil keputusan merupakan keputusan buruk

Comments

Popular posts from this blog

Modul Php Myadmin

Modul CDM dan PDM