Adab Terhadap Orang Tua

 

Adab Terhadap Kedua Orang Tua

 

Wabarukatuh Warahmatullah Assalamu’alaikum .اﻟد   رب ان و ن اور ادﻧﯾ واﻟدن

.اد ان اﻟ ا واد ان دا رول . اد

 

Tiada kata yang pantas untuk diucapkan kecuali memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita semua. Sehingga kita masih di beri kesehatan hingga saat ini.

Solawat serta salam selalu tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang, dari alam kebodohan sampai ke alam yang berilmu pengetahuan.

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya menyampaikan pidato dengan tema“ADAB TERHADAP KEDUA ORANG TUA”.

 

teman-teman yang di rahmati Allah swt,

Dalam Al quran Allah berfirman dalam surat Al Isro’ yang artinya ”Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu dan bapakmu”. berbuat baik kepada orangtua adalah kewajiban, barang siapa berbuat baik kepada kedua orang tuanya berarti telah beriman kepada Allah dan telah mentaati perintah Allah dan sebaiknya.

Tentu teman – teman telah berbakti pada orang tuanya dan secara rutin mendoakan orang tuanya karena kita semua, saya dan teman-teman adalah anak sholeh bukan ? Betul...!!! kita adalah anak sholeh yang ingin dicintai Allah serta dimasukkan ke surgaNya dan bukan anak durhaka yang dimurkai Allah yang menjadi calon penghuni neraka.

Mengapa kita mesti berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua kita ?

Karena beliau yang melahirkan kita, yang menggendong kita saat kita kecil, yang menyuapi makan kita, yang menyayangi kita sampai saat ini. Jadii kita harus berbakti kepada mereka.

 

Teman-teman...

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam mengajarkan kepada kita agar selalu mendoakan kedua orang tua kita. Bagaimana doanya teman – teman ? Insya Allah teman-teman telah hafal semua. Berbuat baik kepada orang tua antara lain adalah bagaimana kita berusaha untuk menyenangkan hati ibu bapak kita dan menjauhi segala perbuatan yang tidak mereka sukai.

Kemudian selalu mendoakannya agar rahmat dan kasih sayang Allah senantiasa tercurah kepada orang tua sebagaimana doa yang telah diajarkan oleh guru-guru kita.

”Ya Allah ampuni dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan sayangi mereka berdua sebagaimana mereka menyayangi aku diwaktu kecil”.

 

Teman-teman yang berbahagia

Seandainya ada diantara kita orang yang durhaka pada orang tua kita, sudah jelas akan mengundang kemarahan Allah, di dunia kita akan hidup sengsara, di alam barzah akan menderita, dan diakhirat nanti kita akan merasakan siksaan azab neraka.

Sudah banyak contoh bagaimana nasibnya orang yang durhaka pada orang tua, seperti AlQamah yang mengalami kesakitan yang tak tertahankan pada saat menghadapi kematiaanya. Begitu juga Malin kundang disebabkan durhaka kepada ibunya, akhirnya dia berubah menjadi batu.


Dari uraian pidato pendek ini dapatlah disimpulkan bahwa seorang anak wajib berbuat baik kepada orangtuanya dan berdosa besar apabila ada yang durhaka. Akhirnya saya mengajak kepada kita semua, marilah kita menjadi anak yang shaleh, taat beribadah kepada Allah, dan selalu berbuat baik kepada kedua orang tua kita.

Dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan, dan kekhilafan dalam kata-kata, dan perbuatan, karena yang benar itu, datangnya dari Allah SWT, dan kesalahan itu, datangnya dari kekurangan saya sendiri.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Comments

Popular posts from this blog

Modul Php Myadmin

Modul CDM dan PDM

mengenali kepribadian luwes dan supel