MODUL UAS




STUDI KASUS SISTEM INFORMASI DATABASE KEPEGAWAIAN
BASIS DATA 1



Disusun oleh:
M.RIZKYANSYARI           
A1317055

Dosen Pengampu : Hendrik Setyo Utomo

POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
PELAIHARI
2018

  

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang MahaEsa, yang  atas  limpahan  rahmat dan hidayah Nya penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan UAS praktikum ini. Laporan ini merupakan hasil dari UAS praktikum bagi para mahasiswa, untuk mempelajari dan memahami perancangan suatu sistem informasi dalam bentuk ERD, CDM dan Membuat Database dari hasil PDM, Membuat Database dari hasil PDM dengan tools Powerdesigner, dan Memasukkan data ke dalam tabel secara manual dan import CSV.
Penulisan laporan ini bertujuan untuk menumbuhkan proses belajar mandiri kepada mahasiswa, agar kreativitas dan penguasaan materi kuliah dapat optimal sesuai dengan yang diharapkan.
            Laporan ini disusun sebagai syarat UAS praktikum mata kuliah Basis Data 1. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi pembelajaran untuk meraih p restasi yang  gemilang. Kritik dan saran dari dosen pengajar mata kuliah dan juga teman-teman sangat penulis harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam pembelajaran di masa yang akan datang.



DAFTAR ISI



DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

MySQL merupakan software database open source yang popular di dunia, dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna diseluruh dunia. Dengan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya, MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop. Pengguna MySQL tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, namun perusahaan seperti Yahoo!, Alcalter-Lucent, Google, Nokia, Youtube, Wordpress dan Facebook juga merupakan pengguna MySQL.
MySQL pertama kali dibuat dan dikembangkan di Swedia, yaitu oleh David Axmark, Allan Larson dan Michael “Monty” Widenius. Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980-an. Saat ini versi MySQL yang sudah stabil mencapai versi 5x dan sedang dikembangkan versi 6x. untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di situs resmi MySQL.

1.2 Tujuan


Tujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut:
1    1.)      Agar pembaca dapat memahami pengertian ERD CDM dan PDM, Membuat Database dari Hasil PDM, Membuat Database dari hasil PDM dengan tools Powerdesigner, dan Memasukkan data ke dalam tabel secara manual dan import CSV Agar pembaca dapat mengetahui bagaimana contoh dari ERD CDM dan PDM, Membuat Database dari Hasil PDM, PDM Ke Powerdesigner, dan Membuat CSV.

1.3 Rumusan Masalah

Masalah-masalah yang akandibahasdalammakalahiniadalahsebagaiberikut:
1)Apakah yang dimaksud ERD?
2)Apakah yang dimaksud CDM dan PDM?
3)Apakah yang dimaksud Membuat Database dari hasil PDM?
4)Apakah yang dimaksud Membuat Database dari hasil PDM dengan tools Powerdesigner?
5)Bagaimana contoh dari Memasukkan data ke dalam tabel secara manual dan import CSV?
6) Bagaimana contoh dariClass Diagram?
7) Bagaimana contoh dariActivity Diagram?
8) Bagaimana contoh dariSequence Diagram?



BAB II

LANDASAN TEORI

Metodologi penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan adalah sebagai berikut: 
          2.1 Basis Data, DBMS, RDBMS, dan SQL
              Basis data (atau database) adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut (http://id.wikipedia.org/wiki/Database). Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer.

Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS (Database Management System). DBMS merupakan suatu system perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.
Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.
Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :
a.       DB2 - http://www-306.ibm.com/software/data/db2/
b.      Microsoft SQL Server - http://www.microsoft.com/sql/
c.       Oracle - http://www.oracle.com
d.      Sybase - http://www.sybase.com/
e.       Interbase - http://www.borland.com/interbase
f.          Teradata - http://www.teradata.com/
g.      Firebird - http://www.firebirdsql.org/
h.      MySQL – http://www.mysql.com
i.           PostgreSQL - http://www.postgresql.org/
SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola data pada RDBMS. SQL awalnya dikembangkan berdasarkan teori aljabar relasional dan kalkulus.
Meskipun SQL diadopsi dan diacu sebagai bahasa standar oleh hampir sebagai besar RDBMS yang beredar saat ini, tetapi tidak semua standar yang tercantum SQL diimplementasikan oleh seluruh DBMS tersebut. Sehingga kadang-kadang ada perbedaan perilaku (hasil yang ditampilkan) oleh DBMS yang berbeda padahal query yang dimasukkan sama.
       2.2 Entity Relationship Diagram (ERD)
Pemodelan awal basis data yang paling banyak digunakan adalah menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). ERD dikembangkan berdasarkan teori himpunan dalam bidang matematika. ERD digunakan untuk pemodelan basis data relasional. Sehingga jika peyimpanan basis data menggunakan OODMS maka perancangan basis data tidak perlu menggunkan ERD. ERD memiliki beberapa aliran notasi seperti notasi chen dan notasi-notasi lainnya. Berikut adalah simbol-simbol yang digunakan pad ERD dengan notasi Chen:
 Table 1 Simbol Dari Entity Relationship Diagram
Simbol
Deskripsi
Entitas / entity



Nama_Entitas
Entitas merupakan inti yang akan disimpan;bakal tabel pada basis data;benda yang memiliki data dan harus disimpan datanya agar dapat diakses oleh aplikasi komputer; penamaan entitas biasanya lebih kek kata benda dan belum merupakan nama tabel.
Atribut

Nama_atribut
 



Field atau kolom data yang butuh disimpan dalam suatu entitas.
Atribut kunci primer


Nama_Kunci primer
Field atau kolom data yang butuh disimpan dalam suatu entitas dan digunakan sebagai kunci akses record yang diinginkan;biasanya berupa id;kunci primer dapat lebih dari satu kolom,asalkan kombinasi dari beberapa kolom tersebut dapat bersifat unik.
Atribut multinilai/multivalue

Nama_atribut
 


Field atau kolom data yang butuh disimpan dalam suatu entitas yang dapat memiliki nilai lebih dari satu.
Relasi

Nama_Relasi
Relasi yang menghubungkan antar entitas;biasanya diawali dengan kata kerja.
Asosiasi / association
Penghubung antara relasi dan entitas di mana di kedua ujungnya memiliki multiplicity kemungkinan jumlah pemakaian.
Kemungkinan jumlah maksimum keterhubungan antara entitas yang lain disebut dengan kardinalitas. Misalkan ada kardinalitas 1 ke N atau sering disebut one to many menghubungkan entitas A dan entitas B.
ERD biasanya memiliki hubungan binary (satu relasi menghubungkan dua buah entitas). Beberapa metode perancangan ERD menoleransikan hubungan relasi ternary (satu relasi menghubungkan tiga buah relasi) atau N-ary (satu relasi menghubungkan banyak entitas), tapi banyak metode perancangan ERD yang tidak mengizinkan hubungan ternary atau N-ary. Berikut adalah contoh bentuk hubungan relasi dalam ERD :
Table 2 Contoh Gambar Relasi

Conceptual Data Model (CDM)


Konsep yang berkaitan dengan pandangan pemakai terhadap data yang disimpan dalam basis data. CDM dibuat sudah dalam bentuk tabel-tabel tanpa tipe data yang menggambarkan relasi antar tabel untuk keperluan implementasi ke basis data
Table 3 Simbol Dari Conceptual Data Model
Simbol
Deskripsi
Entitas/tabel

Entitas atau tabel yang menyimpan data dalam basis data

Relasi
1…*
   Nama relasi
1…*
Relasi antar tabel yang terdiri atas nama relasi dan multiplicity


Physical Data Model (PDM)

Model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom dimana setiap kolom memiliki nama yang unik beserta tipe datanya. PDM merupakan konsep yang menerangkan detail dari bagaimana data disimpan didalam basis data. PDM sudah merupakan bentuk fisik perencangan basis data yang sudah siap diimplementasikan ke dalam DBMS sehingga nama tabel juga sudah merupakan nama asli tabel yang akan diimplementasikan ke dalam DBMS.
Table 4 Contoh Simbol Physical Data Model
Simbol
Deskripsi
Tabel
Tabel yang menyimpan data dalam basis data
Relasi
Relasi antar tabel yang terdiri dari persamaan antara primary key (kunci primer) tabel yang diacu dengan kunci yang menjadi referensi acuan di tabel lain.

Pengertian Basis Data

Sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan. Pada intinya basis data adalah media untuk menyimpan data agar dapat diakses dengan mudah dan cepat. Kasus ini menggunakan basis data relasional yang diimplementasikan dengan tabel-tabel yang saling memiliki relasi.
Sistem informasi tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan akan basis data apapun bentuknya, entah berupa file teks ataupun Database Management System (DBMS).
Kebutuhan basis data dalam sistem informasi meliputi memasukkan, menyimpan, dan mengambil data, serta membuat laporan berdasarkan data yang telah disimpan
Tujuan dari dibuatnya tabel-tabel dikasus ini adalah untuk menyimpan data ke dalam tabel-tabel agar mudah diakses. Oleh karena itu, untuk merancang tabel-tabel yang akan dibuat maka dibutuhkan pola pikir penyimpanan data nantinya jika dalam bentuk baris-baris data (record) dimana setiap baris terdiri dari beberapa kolom.
 DBMS
DBMS (Database Management System) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai Sistem Manajemen Basis Data adalah suatu sistem aplikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data. Suatu sistem aplikasi disebut DBMS jika memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut
a.                        Menyediakan fasilitas untuk mengelola akses data
b.                       Mampu menangani integritas data
c.                        Mampu menangani akses data

d.                      Mampu menangani backup data
Karena pentingnya data bagi suatu organisasi/perusahaan, maka hampir sebagian besar perusahaan memanfaatkan DBMS dalam mengelola data yang mereka miliki. Pengelolaan DBMS sendiri biasanya ditangani oleh tenaga ahli yang spesialis mengenai DBMS yang disebut sebagai DBA (Database Administrator).
DBMS sudah mulai berkembang sejak tahun 1960an. Kemudian sekitar tahun 1970an mulai berkembang teknologi Relational DBMS yaitu DBMS berbasis relasional model. Relasional model pertama kali dikembangkan oleh Edgar J. Codd pada tahun 1970. Secara sederhana relasional model dapat dipahami sebagai suatu model yang memandang data sebagai sekumpulan tabel yang saling terkait. Hampir semua DBMS komersial dan open source saat ini berbasis Relational DBMS atau RDBMS.
Pada tahun 1980an mulai berkembang Object Oriented DBMS (OODBMS). OODBMS berkembang seiring dengan perkembangan teknologi pemrograman berorientasi objek. Saat ini OODBMS juga cukup berkembang namun belum dapat menggeser kepopuleran RDBMS
 Berikut ini adalah 4 (empat) macam DBMS versi komersial yang paling banyak digunakan didunia saat ini, yaitu.
a.                        Oracle
b.                       Microsoft SQL Server
c.                        IBM DB2
d.                       Microsoft Access
Sedangkan DBMS versi open source yang cukup berkembang dan paling banyak digunakan saat ini adalah sebagai berikut.
a.                   MySQL
b.                  PostgreSQL
c.                   Firebird
d.                  SQLite
Hampir semua DBMS mengadopsi SQL sebagai bahasa untuk mengelola data pada DBMS. 

2.5.1 SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola data pada RDBMS. SQL awalnya dikembangkan berdasarkan teori aljabar relasional dan kalkulus.
SQL mulai berkembang pada tahun 1970an. SQL mulai digunakan sebagai standar yang resmi pada tahun 1986 oleh ANSI (American National Standards Institute) dan pada tahun 1987 oleh ISO (International Organization for Standarization) dan disebut sebagai SQL-86. Pada perkembangannya, SQL beberapa kali dilakukan revisi. Berikut ini sejarah perkembangan SQL sampai saat ini.
1)        Tahun 1986, SQL-86
2)        Tahun 1989, SQL-89
3)        Tahun 1992, SQL-92
4)        Tahun 1999, SQL:1999
5)        Tahun 2003, SQL:2003
6)        Tahun 2006, SQL:2006
7)        Tahun 2008, SQL:2008
8)        Tahun 2011, SQL:2011
Meskipun SQL diadopsi dan diacu sebagai bahasa standar oleh hampir sebagai besar RDBMS yang beredar saat ini, tetapi tidak semua standar yang tercantum SQL diimplementasikan oleh seluruh DBMS tersebut. Sehingga kadang-kadang ada perbedaan perilaku (hasil yang ditampilkan) oleh DBMS yang berbeda padahal query yang dimasukkan sama. 

2.5.2 MYSQL

MySQL adalah Sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya sangat cepat, multi user serta menggunakan peintah dasar SQL ( Structured Query Language ).
MySQL merupakan dua bentuk lisensi, yaitu FreeSoftware dan Shareware. MySQL yang biasa kita gunakan adalah MySQL FreeSoftware yang berada dibawah Lisensi GNU/GPL ( General Public License ).
MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya. MySQL pertama kali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius . Selain database server, MySQl juga merupakan program yang dapat mengakses suatu database MySQL yang berposisi sebagai Server, yang berarti program kita berposisi sebagai Client. Jadi MySQL adalah sebuah database yang dapat digunakan sebagai Client mupun server.
  A.      Kelebihan MySQL
Database MySQL memiliki beberapa kelebihan dibanding database lain, diantaranya :
·           MySQL merupakan Database Management System ( DBMS )
MySQL sebagai Relation Database Management System ( RDBMS ) atau disebut dengan                database Relational.
·    MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya.
·           MySQL merupakan sebuah database client
·         MySQL mampu menerima query yang bertupuk dalam satu permintaan atau MultiThreading. 
·           MySQL merupakan Database yang mampu menyimpan data berkapasitas sangat besar hingga berukuran GigaByte sekalipun.
·           MySQL diidukung oleh driver ODBC, artinya database MySQL dapat diakses menggunakan aplikasi apa saja termasuk berupa visual seperti visual Basic dan Delphi.
 ·     MySQL adalah database menggunakan enkripsi password, jadi database ini cukup aman     karena memiliki password untuk mengakses nya.
·   MySQL merupakan Database Server yang multi user, artinya database ini tidak hanya digunakan oleh satu pihak orang akan tetapi dapat digunakan oleh banyak pengguna
·           MySQL mendukung field yang dijadikan sebagai kunci primer dan kunci uniq ( Unique ).
2.5.3 PhpMyadmin


2.5.4 Xampp










3.      Ketik : #./lampp start
4.      Maka akan memulai xampp , termasuk mengaktifkan phpmyadmin.
Pada Windows, untuk mengaktifkan phpmyadmin dengan cara sbb :
 1. Aktifkan phpmyadmin pada Panel


2.6 Pengertian Power Designer Object











1. Murni permodelan berorientasi objek, perawatan model untuk keperluan dokumentasi
    atau hal – hal yang berkaitan dengan legalita.
2. Untuk Membantu Orang Lain merawat sistem, mereka bisa menggunakan diagram

sebagai peta jalan memahami kode atau untuk mendapat pengertian tentang apa yang
dilakukan oleh kode.
      3.  Menghasilkan objek dari OOM untuk keperluan analisis desain database.
     4. Untuk menggunakan source code Java atau java beans dan menghasilkan aplikasi.
     5. Dengan OOM, objek yang di buat akan lebih terorganisir dan koheran (berhubungan secara   logis) menggunakkan packages (paket). Sistem Informasi yang rumit bias di tampilkan         dalam  paket hirarki yang logis, yang dari bahan tersebut bias membuat paket lainnya. Hal  ini  memudahkan dalam dalam visualisasi dan manipulasi objek.

2.7 CSV

Comma Separated Value atau CSV adalah suatu format data dalam basis data di mana setiap record dipisahkan dengan tanda koma (, ) atau titik koma.

     BAB III
STUDI KASUS










No
Entitas
Atribut
1. 
     Karyawan    
        Id_karyawan
        Id karyawan untuk membedakan karyawan satu dan yang lainnya
      Alamat
      Atribut untuk alamat
      nama
      atribut untuk nama karyawan
      status
      atribut untuk status pegawai
2.
Jabatan
     Id –Jabatan
     Atribut Jabatan untuk membedakan suatu posisi di perusahaan

     Nama jabatan
     Atribut Untuk nama jabatan membedakan masa lama kerja

     Golongan
      Atribut untuk nama golongan untuk membedakan pegawai yang lama bekerja di perusahaan


      General manager
      Atribut untuk manager yang memiliki tanggung jawab kepada seluruh bagian diperusahaan
3.
     Gaji                                                 
       id_gaji
      Atribut untuk id gaji pegawai untuk membedakan gaji pegawai


      Gaji_pokok
      Atribut untuk gaji pokok pegawai per bulan

      Id_karyawan
      Atribut untuk id_karyawan agar memudahkan untuk mengambil gaji
4
Detail Gaji
Masa kerja
Atribut untuk masa kerja berapa lama bekerja diperusahaan


  
      Tunjangan_beras
      Atribut tunjangan beras di dapat ketika menjelang hari raya atau hari besar

      Tunjangan_golongan
      Atribut tunjangan golongan untuk membedakan golongan  pegawai

      Tunjangan jabatan
      Atribut jabatan untuk  membedakan jabatan diperusahaan
5
Daftar hadir
      Id_daftar_hadir
      Untuk membedakan id dengan pegawai lainnya agar dengan mudah meisi daftra hadir


      Tanggal kehadiran
      Atribut untuk tanggal kehadiran untuk menentukkan tanggal daftra hadir

                                                            
      Tanda tangan
       Atribut tanda tangan untuk mengetahui apakah pegawai sudah mengisi daftar kehadiran.




Contoh Entity Relationship Diagram


Contoh CDM dan PDM







Mengakses PHP Myadmin


1.      Membuat Database Baru


            b.Mengetikan Source Kode untuk masuk ke PHPMyAdmin melalui penjelajah                       Browser

3.  Setelah masuk ke PHPMyAdmin, baru lah memulai untuk membuat database baru dengan memilih pilihan new.
4.    Setelah mengklik pilihan new di sebelah kiri, maka akan muncul tulisan create database, disitu kita isi nama database baru yang akan kita buat seperti ini.
5. Setelah itu klik pilihan create dan database baru denga nama yang sudah di buat siap di isi
    tabel.

Membuat Tabel Baru

      Setelah berhasil membuat database baru,yang harus dilakukan adalah membuat tabel-tabel yang dimana tabel tersebut ditentukan dari rancangan Entity Relationship Diagram yang sudah kita buat. Dimana jumlah tabel dari kasus sitem informasi DataBase Kepegawaian PT Candi Artha sebanyak 6 tabel.
   a. Mengetikan nama tabel di teks yang sudah tersedia dan Menetukan jumlah field yang akan dibuat,yaitu tentang informasi kepegawian yang ada di PT Candi Artha Klik tombol Go:

b                  b. Setelah kita memilih tombol Go, maka akan tampil seperti ini.
h

f                c. Jika ada tampilan seperti gambar diatas kita tinggal mengisiskan field yang sudah dirancang
p                   ada Entity Relationship Diagaram.





 d. Setelah berhasil membuat table dan mengisi tabel nya untuk menyimpan nya kita pilih
    tombol save, dan akan tampil seperti dibawah ini.


3.  Melihat Struktur Tabel
        Untuk melihat struktur pada suatu tabel langkah-langkah nya antara lain adalah:

a.       Klik menu structure yang terdapat pada menu Navigasi sebelah atas.
b.      Akan ditampilkan struktur tabel yang dipilih.
c.       Informasi lain sehubungan dengan tabel juga ditampilkan.

4.     Menambah Record Ke dalam Tabel
Cara menambah record  ke dalam tabel dengan PhpMy Admin yaitu
a.       Klik menu insert pada navigasi sebelah atas.

b.      Akan ditampilkan form baru isian data baru sesuai dengan struktur tabelnya.

c.       Klik tombol Go untuk menyimpan data.

d.    Konfirmasi jumlah record yang ditambahkan ditampilkan layar.

e.      Perintah SQL dari proses menambah data akan ditampilkan




5.     Menampilkan Data
Cara menampilkan data melalui PhpMyadmin antara lain
a.       Klik tombol browse pada navigasi bagian atas  
b.      Akan ditampilkan jumlah record dan waktu eksekusi query, dan ditampilkan pula SQL nya

c.       Record ditampilkan dalam bentuk tabel.


6.       Mengubah Data
Dalam mengubah data melalui PhpMyadmin ada beberapa langkah antara lain
a.       Klik tombol pada table data (record), akan ditampilkan form ubah record dimana data yang lama sudah ditampilkan. Dimana pada contoh ini kita akan mengubah tempat lahir Ansyari dari Barabai menjadi Pelaihari.
b.      Ubah data yang akan diubah
c.       Klik tombol Go untuk menyimpan perubahan
d.      Setelah perubahan disimpan akan ditampilakn informasi jumlah record yang berubah

e.       Perintah SQ untuk mengubah data ditampilkan

           7.    Menghapus Data
a.     Pada Tampilan record, klik tombol X untuk record yang akan dihapus atau klik


b.   Akan ditampilkan konfirmasi penghapusan. Klik OK jika benar-benar ingin menghapus data dan klik Cancel jika ingin membatalakannya





8.    Menjalankan Perintah SQL
a.       Klik menu SQL pada navigasi bagian atas
b.      Tuliskan perintah SQL pada arena teks yang sudah disediakan

c.       Klik tombol Go.


d.    Ditampilkan Informasi eksekusi perintah SQL.
e.    Perintah SQL akan ditampilkan kembali.

f.    Akan ditampilkan hasil perintah SQL.

.





Membuat PDM Dengan Tool Power Designer

Langkah-Langkah menjalankan aplikasi Sybase power designer:

a.    Klik di ikon Power designer pada desktop, atau bias juga di jalankan dari Start-menu All Program-Sybase PowerDesigner.
b.  Akan Tampil jendela berikut, pilih new project.
c.   
 Beri Nama Project yang ingin dibuat dan atur letak penyimpanannya, lalu klik OK. 





Kemudian Klik New File – New Model


a.       Maka akan tampil jendela berikut. Pilih Information –  Conceptual Data – Model name
      (Ketik nama model yang ingin dibuat) – OK

b.   Pilih Entity untuk membuat entitas.
 
c.  Buat Beberapa entitas sesuai yang diperlukan 
















         d.  Double Klik Pada Entitas, Kemudian beri nama entitas

  
e.  Pilih  tools attributes akan tampil jendela berikut. Tentukan nama, type data, length dari
     setiap attributes






f.  Berikut adalah pilihan Type data


g. Jika salah satu attribute merupakan primery key, beri centeng pada “ P ”  lalu
    klik OK.


 g. Merupakan Hasil CDM dari studi  kasus yang saya buat



i. Pilih Relationship untuk merelasikan masing-masing entitas
j.  Berikut adalah hasil relasi antar entitasdari CDM 








































































Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Modul Php Myadmin

Modul CDM dan PDM

mengenali kepribadian luwes dan supel