Tips Sehat Waktu Yang Baik Tidur dan Bangun Di Pagi Hari

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan dan binatang tidak bertulang belakang sepert lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan. Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat itu cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang. Untuk memiliki kualitas tidur yang baik sebaiknya atur jadwal tidur dan bangun anda di pagi hari dengan teratur. Berikut adalah tips-tips hal yang perlu anda lakukan.

1. Jadwal dan kualitas waktu tidur
Tidur terdengar begitu sederhana tetapi memiliki peran dan manfaat yang sedemikian besar. Banyak orang yang meanggap sepele tidur, Istirahat dari pekerjaan yang sangat melelahkan adalah hal yang begitu dirindukan. Maka saat ada kesempatan. Istirahatlah sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan tubuh anda sehingga ketika anda bangun dari tidur, Tubuh akan menjadi sehat dan bugar kembali dan siap melaksanakan aktifitas berikutnya di pagi hari. Inilah yang dimaksud kualitas tidur, Sebaiknya tidur malam yang baik itu adalah pada jam 10:00 Malam. Alasannya adalah jam sepuluh keatas itu adalah keadaan dimana tubuh memproduksi racun. Sedangkan pada sekitar pukul 04:00 dini hari adalah waktu paling baik bangun dipagi hari bagi tubuh kita.

2 Bangun Cepat Juga Baik Untuk Beribadah
Waktu Sebelum sholat subuh adalah waktu yang paling baik untuk melakukan shalat tahajjud dan waktu yang sangat sehat bagi badan dan tubuh kita. Bahkan Sangat dianjurkan untuk bangun pada waktu-waktu tersebut untuk melakukan sholat dan ibadah lainnya. Kenapa sholat? Sholat selain memberikan ketenangan batin, Juga memberikan efek baik pada otak. Saat kepala berada pada posisi terendah diantara seluruh anggota badan dan dalam posisi memuji Allah Yang Maha Esa, Maka darah segar mengalir  dari jantung dibantu efek gravitasi menyusuri pembuluh-pembuluh darah terhalus ke otak. Jadi sebaiknya memperbanyak sujud saat sedang sholat, Terlebih lagi ketika anda Tahajjud. Itulah sholat yang banyak menyimpan banyak misteri.

Saat anda tidur, Cobalah untuk memperhatikan kapan, durasi dan kualitas tidur anda. Hal ini akan berpengaruh pada saat anda bangun tidur. Jika tidur anda bagus, tentu saja saat bangun anda pun merasakan kesegaran dan kebugaran untuk melakukan segala aktifitas.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Modul Php Myadmin

Modul CDM dan PDM

mengenali kepribadian luwes dan supel